A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Sejarah

Sejarah Kecamatan Woyla Timur

Selasa, 10 Maret 2015 10:28:50 admin

ASAL USUL KECAMATAN WOYLA TIMUR

KABUPATEN ACEH BARAT

 

 

  1. 1.      Sejarah Terbentuknya

Kecamatan Woyla Merupakan salah satu kecamatan yang memiliki wilayah kerja yang cukup luas, pada tahun 2003 Kecamatan woyla terdiri dari 93 Gampong, pada saat itu masih banyak gampong yang terisolir terutama diwilayah timur Kecamatan woyla, sehingga pada saat itu masyarakat di 26 gampong yang berada diwilayah timur menginginkan agar adanya pemekaran wilayah untuk mempercepat pembangunan demi kesejahteraan masyarakat diwiyah itu.

Atas usaha keras beberapa tokoh masyarakat antara lain :

  1. H. Ma awwiyah (ketua panitia pemekaran)
  2. Mustafa Husen (sekrearis panitia pemekaran)
  3. H.Tgk. Nyak Musa
  4. M. Sarong
  5. Arifin
  6. Keuchik Nawi
  7. Hasyem
  8. H. Usman
  9. M. Nasir,SE
  10. Kanadi
  11. Abdul Rahman
  12. Dan lain lain

Membuat kesepakatan dalam rapat pertamanya di kediaman Bapak Musa di Meulaboh, rapat kedua di kediaman Bapak H. Muawiyah di Meulaboh, rapat ketiga di pendopo Bupati Aceh Barat dan rapat terakhir di Pendopo Bupati Aceh Barat turut di hadiri Bupati Aceh Barat saat itu Bapak Nasruddin, menyepakati pengususan pemekaran Kecamatan Woyla menjadi 3 (tiga Kecamatan yaitu Woyla, Woyla Barat dan Woyla Timur.

Dalam ide pertama rencana nama Calon Kecamatan pemekaran Woyla, di beri nama Kecamatan Pasi Mali (Woyla Barat) dan Kecamatan Pocut Baren (Woyla Timur). Atas pertimbangan nama Woyla sebagai Kecamatan induk tidak hilang, maka disimpulkanlah nama untuk kedua Kecamatan yang akan diusulkan ini dg nama Woyla Barat ( berada di sebelah Barat Kecamatan Woyla Induk dan Woyla Timur untuk nama Calon Kecamatan baru yang berada di belahan Kecamatan Woyla Induk bagian Timut.

  1. 2.      Tahun terbentuknya

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Aceh Barat Nomor 8 tahun 2003 Tentang Pembentukan Kecamatan Woyla Barat dan Woyla Timur Dalam Kabupaten Aceh Barat yang merupakan daerah pemekaran dari Kecamatan Induknya yaitu Kecamatan Woyla, dengan izin Allah SWT, yang maha pengasih lagi maha penyayang maka pada tanggal 26 Maret 2003 dalam sidang paripurna di DPRK Aceh Barat, lahir dan terbentuklah secara resmi Kecamatan Woyla Timur  dan juga Kecamatan Woyla Barat Dan pada masa itu  Bupati Aceh Barat dijabat oleh Bapak Drs. H.Nasruddin, M.Si, Ketua DPRK Sofyan Sawang, Sekda Nyak Ali, asisten I  Amir Diwan, Kabag pemerintahan Kaharuddin dan Camat Woyla (Woyla Induk) T. Din. Sedangkan Camat pertamanya adalah M. Nasir.

 

Pusat Pemerintahan Kecamatan Woyla Timur berada di”Gampong Tangkeh” (awalnya di rencanakan bertempat di Buket Rata ( posisi kantor Kecamatan saat ini), dengan sebaran wilayah terdiri atas 2 (dua) wilayah kerja  Kemukiman yakni Kemukiman Woyla Tunong terdiri atas 13 gampong/Desa dan Kemukiman Krueng Bhee, 13 gampong dengan jumlah Dusun / Jurong sebanyak 78.

 



Prestasi

Mitra Kerja

Internal

Infromasi Lain